Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tanpa Adsense (Alternatif Google Adsense)

6 komentar
Cara Menghasilkan Uang dari Blog tanpa Adsense

Di tengah musibah pandemi seperti saat ini, banyak sekali orang yang terdampak. Meski saat ini sudah lumayan pulih dibandingkan sebelumnya, namun bagi sebagian orang masih cukup susah untuk bangun kembali dari keterpurukannya selama setahun yang lalu. Untuk itu banyak orang yang mencoba mencari opsi pekerjaan lain untuk mendapatkan lembaran rupiah demi mempertahankan kepulan asap di dapur rumahnya.

Salah satu opsi yang dipilih ialah dengan menjadi seorang Blogger. Blogger sendiri merupakan sebuah istilah yang disematkan kepada para pengelola halaman blog. Meski ada beberapa orang yang menjadikannya sebagai mata pencaharian.

Blogger dijadikan salah satu opsi karena banyak yang terbukti bisa menghasilkan uang. Terlebih dari platform periklanan dari Google, yakni Adsense. Tapi sebelumnya kita kenalan dulu, tentang apa itu Google Adsense?

Mengenal Apa Itu Google Adsense?

Google Adsense merupakan bagian dari media periklanan Google Ads yang dinaungi oleh sang raksasa internet Google. Adsense dikhususkan untuk para pemilik situs yang nantinya akan menjadi penayang iklan (Publisher). Publisher akan mampu menayangkan iklan milik para pengiklan (Advertizer) yang mana nantinya juga akan dikonversikan menjadi cuan setiap kali ada pengunjung yang melakukan aksi terhadap iklan yang ditampilkan.

Aksi yang dimaksud ialah klik pada iklan yang tampil. Aksi akan dihitung valid apabila si pengunjung melakukan preview website pengilan secara menyeluruh atau juga bisa menjadikannya konversi lain di dalamnya seperti pembelian produk pengiklan.

Namun, klik akan dihitung invalid apabila klik dilakukan secara tidak sengaja dan menimbulkan Bounce Rate yang besar. Biasanya karena klik terjadi secara tidak sengaja, belum sampai halaman landing terbuka sudah di klik back, maka ini tidak akan dihitung sebagai penghasilan. Walaupun akan masuk ke saldo sementara, namun akan dipotong ketika awal bulan sebagai Invalid Click, Invalid Activity, atau Invalid Traffic.

Perbedaan Google Adsense dan Google Adword

Dalam media periklanan Google ini terdapat dua layanan atau platform, yakni Adsense dan Adword. Meski sama-sama bergerak pada periklanan dan dinaungi oleh sang raksasa Google, namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Secara gampangnya, Google Adword adalah layanan untuk pengiklan yang ingin menampilkan iklannya di Google Search ataupun di web lain yang berafiliasi dengan Google. Sedangkan Google Adsense merupakan layanan yang dikhususkan untuk para pemilik situs yang memungkinkannya untuk menampilkan iklan dari para penayang dari Google Adword.

Dari sini sudah cukup jelas ya?

Problematika Bergabung Menjadi Publisher Adsense

Sebagai media periklanan nomor 1 di dunia, Google selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para kliennya. Begitu juga untuk para penyeponsor di layanan mereka. Untuk itulah Google menyaring dengan ketat para blogger yang nantinya akan menjadi penayang iklan milik sponsor.

Google sendiri memberlakukan Review 2 tahap untuk menyortir calon partnernya. Review pertama ini berlangsung antara 3 sampai 24 jam. Yang mana ini untuk mengetahui apakah kode tracking (Page Level Ads/Automatic Ads) mereka sudah terpasang dengan benar. Sedangkan review kedua butuh waktu 1 sampai 4 minggu, dengan tujuan mengetahui kualitas dari web/blog yang didaftarkan.

Nah, masalah sering muncul disini. Banyak sekali blogger yang mengeluh karena tidak lolos seleksi di tahap kedua ini. Banyak sekali alasan yang diberikan Google untuk menolak sebuah halaman web.

Beberapa alasan yang sering diberikan kepada calon publisher adalah sebagai berikut :

  • Konten Tidak Memadai
  • Situs Tidak Sesuai dengan Kebijakan
  • Halaman Tidak dapat Dikunjungi
  • dan lainnya...

Yang bikin kepala mumet adalah karena kita tidak merasa melakukan kesalahan yang disebutkan di atas

Konten sudah banyak, semua syarat dan kebijakan terpenuhi, halaman juga sudah online, tapi kenapa musti ditolak? Ya, semua hanya Google yang tahu karena memang dia yang berhak mengambil keputusan. Jadi, ya terima saja.

Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog Selain dari Adsense?

Tenang saja, ada banyak cara untuk menghasilkan angka 10. 9 ditambah 1, 8 ditambah 2, atau 5 ditambah 5. Walau caranya beda-beda tapi tujuannya sama yakni angka 10, benar?

Lalu apa hubungannya? Gini, maksud saya adalah untuk memberi tahu bahwa ada banyak cara juga yang bisa dilakukan untuk mencapai satu tujuan. Yakni PENGHASILAN untuk para pemilik blog tanpa harus bergantung pada Adsense.

Bukan cuma yang ditolak lamarannya, tapi juga untuk yang sudah memiliki akun Adsense namun tidak kunjung Payout karena kurangnya saldo. Jangankan sampai tarik tunai, nambah 2 ribu saja sudah syukur. YA, itulah saya :(

Tapi kali ini saya ada beberapa opsi yang bisa dipilih untuk bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari Blog meski tidak ada Adsense. Berikut ini daftarnya :

1. Daftar di Marketplace Backlink

Ini adalah opsi yang cukup bagus apabila kamu memiliki web atau blog dengan kualitas yang baik. Kualitas yang dimaksud bisa berupa metriks seperti Domain Authority, Domain Rating, Trust Flow, Alexa, atau sejenisnya.

Dengan mendaftar di marketplace backlink, maka blog kamu akan dipromosikan oleh media ke para pencari backlink. Ketika ada yang membeli backlink di webmu, maka media akan mengirimkan pemberitahuan dan brief lengkap ke kamu.

Tugas kamu sebagai pemilik blog hanya membuatkan sebuah artikel dengan ketentuan yang sudah ditentukan. Namun juga ada beberapa klien yang sudah membuatkan artikel khusus, kamu hanya tinggal mempblikasinya saja.

Jika sudah dipublikasi kamu hanya perlu mengirimkan laporan berupa link artikel ke media untuk kemudian di review. Setelah lolos, maka komisi akan dikirimkan ke saldo kamu.

Bisa dibilang sistem yang digunakan adalah paid post, paid review, atau content placement. Namun untuk mendapatkan job, kamu harus bersaing dengan banyak sekali pemilik web blog lainnya. Adapun jenis job yang ditawarkan dalam 2 bentuk. Yakni open bid, dan close bid.

1.1. Open Bid

Open bid atau tawaran terbuka merupakan sebuah sistem penawaran job yang dipublikasikan secara terbuka. Pada sistem ini, semua member atau pemilik blog bisa melakukan penawaran, pendaftaran atau antrian pada job tersebut. Yang nantinya akan dipilih oleh si pemilik job siapa yang dianggap sesuai.

Pada sistem open bid ini, kita bisa menawar berapa upah yang ingin kita dapatkan, berapa lama kita mengerjakan dan sejenisnya. Intinya kita bisa merayu si pengiklan. Walaupun ada beberapa yang tidak hanya bisa melakukan antrian tanpa ada kolom khusus buat rayuannya.

Beberapa marketplace backlink yang mengadopsi sistem open bid ini adalah :

  • Vira.id
  • Sosiago

Cara Menghasilkan Uang di Blog Tanpa Adsense Terbaru
Karena sifatnya open bid, maka kamu harus bersaing dengan para pemilik blog lainnya. Terlebih dalam sisi metriks, seperti DA, PA, Alexa, dan sejenisnya. Karena advertizer pasti akan melirik dari metriks tersebut. Walaupun ada beberapa pengiklan yang langsung cek kualitas blognya secara manual.

1.2. Closed Bid

Closed Bid aau sistem penawaran tertutup adalah sistem yang penawarannya dilakukan secara pribadi. Yakni si pengiklan akan langsung menghubungi pemilik blog secara langsung melalui fitur HIRE atau CHAT yang dimiliki oleh platform marketplace backlink.

salah satu Marketplace yang menggunakan sistem closed bid adalah  Raja Backlink. Disini pemilik blog akan dihubungi oleh pengiklan setelah pengiklan melihat daftar blog yang ada di database marketplace.

Walaupun penawaran dilakukan secara langsung, namun pembayaran tetap melalui sistem markletplace agar sama-sama aman dan nyaman. Disini marketplace selain berperan sebagai media juga berperan sebagai penengah untuk mengamankan transaksi. Uang yang dibayarkan oleh advertizer akan dibayarkan ke publisher setelah advertizer menyetujui hasil yang kamu kerjakan.

RajaBackLink.com

2. Open Placement

Pada poin ini sebenarnya sama saja dengan poin pertama. Yakni menggunakan sistem postingan berbayar (paid post), review berbayar (paid review) atau content placement sebagai sistemnya. Namun yang membedakan adalah, pada poin kedua ini kita tidak menggunakan pihak ketiga dalam mediumisasi ataupun transaksi.

Biasanya sang pengiklan akan datang sendiri ke blog kita dan menghubungi kita melalui halaman kontak yang tersedia. Jadi pastikan kontak yang kamu berikan di halaman kontak bisa digunakan untuk menghubungimu secara langsung.

Fee yang didapatkan juga beragam, ini tergantung dari tawar menawar kita dengan si pengiklan. Biasanya pengilan akan menanyakan kepada kita berapa fee yang diinginkan, jika dirasa terlalu mahal maka si pengiklan akan menawarnya.

Namun pastikan bahwa harga yang diberikan sesuai dengan kualitas blog. Karena jika dirasa harga terlalu mahal dan kualitas blog tidak sesuai, biasanya pengiklan langsung pergi tanpa menawar lagi.

3. Mengikuti Lomba dan Kontes

Ini adalah yang paling sering saya lakukan untuk menambah pundi-pundi uang dari blog tanpa Adsense. Ada banyak sekali lomba blog atau Blog Competition yang dilakukan hampir tiap bulannya. Bahkan dalam satu bulan ada beberapa lomba sekaligus yang tersedia.

Ada dua jenis kompetisi dalam dunia blogging, yakni Lomba dan Kontes. Untuk lomba blog biasanya yang dinilai adalah kualitasnya, baik artikel, tata letak, ataupun blog. Sedangkan untuk kontes, khususnya kontes SEO, penilaian didasarkan kepada rangkin pada hasil pencarian (SERP) dengan kata kunci tertentu yang sudah ditentukan.

Saya sendiri lebih sering mengambil partisipasi dalam lomba blog, karena persaingan tidak terlalu rumit dibandingkan kontes SEO yang menurut saya lebih ekstrem. Karena targetnya adalah rangking mesin pencari, banyak orang melakukan segala cara untuk menjatuhkan lawannya dengan teknik-teknik yang dilarang (black hat).

Sedangkan pada lomba blog, karena penjurian berdasarkan kualitas artikel yang dibuat maka kompetitor tidak dapat mengganggu hasil yang kita buat.

Keuntungan dari opsi ini selain dari sisi cuan adalah bisa dijadikan portofolio. Jika sering menang lomba blog atau kontes SEO, maka biasanya akan membuat pengiklan lebih tertarik untuk bekerja sama dengan blog kita.

4. Menjual Jasa atau Produk

Salah satu hal yang bisa kita lakukan di blog adalah untuk menjual sesuatu. Karena kita menjual, maka sudah bisa dipastikan kita akan mendapatkan penghasilan meski tidak menggunakan Adsense di dalamnya.

Kita bisa menjual jasa maupun produk. Jasa yang bisa dijual dengan memanfaatkan blog tidak memiliki batasan apapun. Mulai dari jasa penulisan, jasa sedot wc, hingga jasa angkut barang juga cocok-cocok saja.

Begitu juga dengan produk. Kita bisa menjual produk apapun. Mulai dari produk fisik, maupun non-fisik alias digital. Produk fisik semisal kosmetik, buku, ataupun mungkin aksesoris bisa dijual melalui blog. Sedangkan untuk produk digital akan lebih banyak lagi yang cocok dijual dengan blog. Misalnya template blogger, plugin wordpress, ebook, hingga video pelatihan.

Dengan menjual jasa maupun produk, maka sudah bisa dipastikan kita bisa mendapatkan penghasil dari blog tanpa harus memasang iklan Adsense di dalam blog kita.

Untuk memaksimalkan hasil, alangkah baiknya jika blog yang kita gunakan memiliki layout full width alias tanpa sidebar. Ini akan lebih memudahkan dalam membuat landing page dan mengisinya dengan kata-kata copywriting. Jika memiliki banyak produk akan sangat cocok jika menggunakan tampilan seperti toko online. Beberapa tema toko online premium untuk blogspot yang recommended adalah :

  • Viotoko by Sugeng
  • TokoWhatsApp
  • Linkmagz

5. Menggunakan Media Iklan Lain

Jika bicara periklanan tidak akan ada habisnya. Terlebih untuk platform periklanan blogger. Ada banyak sekali website yang menjadi penyedia iklan yang bersedia membayar blogger untuk setiap impressi iklan mereka di blog kita.

Jenis iklan yang ditawarkan juga beraneka ragam. Mulai dari banner, popup, popunder, push notification, hingga matched content. Semua bisa dipilih sesuai dengan keinginan atau kecocokan dengan website kita.

Beraneka jenis cara kerja juga tersedia di banyak platform penyedia iklan ini. Mulai dari PPC (Pay per Click), CPM (Cost per Mille), CPI (Cost Per Impression), hingga CPA (Cost per Action). Saya akan buatkan artikel tersendiri untuk membahas ini.

Beberapa media periklanan untuk alternatif Google Adsense yang direkomendasikan adalah sebagai berikut :

  • Mgid
  • Propeller
  • Adsterra
  • dan Lainnya..

Namun untuk mencoba media periklanan ini, sangat disarankan untuk memiliki trafik yang cukup agar hasil yang didapatkan sesuai. Untuk Mgid misalnya, diharapkan memiliki trafik unik sebesar 3000 per harinya agar bisa gajian tiap bulan. Walaupun dibawah itu juga bisa, namun akan cukup susah dalam mengumpulkan saldonya.

Karena beberapa periklanan di atas ini memiliki kantor pusat di luar negeri, maka masih sedikit yang mau membayar ke rekening bank kita. Untuk menerima pembayaran dari mereka, maka perlu disiapkan sebuah akun dompet elektronik atau e-wallet yang bisa menerima pembayaran dari berbagai negara. Salah satu yang paling banyak dipakai adalah Paypal.

Kesimpulan

Jadi sebenarnya untuk dapat menghasilkan uang dari blog ini cukup banyak caranya. Bukan hanya soal Adsense saja. Artikel ini sendiri saya buat sebagai bentuk keresahan saya akan keluh kesah para blogger yang selalu patah seangat hanya gara-gara ditolak oleh Adsense. padahal masih banyak Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tanpa Adsense.

Dengan demikian saya harapan para blogger yang belum diterima oleh Google Adsense ataupun yang sudah diterima namun tidak produktif saldonya, bisa kembali semangat dan bisa sama-sama menghasilkan cuan dari blog. Mungkin itu saja, jika ada yang ingin disampaikan silahkan sampaika di kolom komentar yang tersedia,

David J. Prasetyo
David J. Prasetyo
Cuma sekedar buruh ketik di beberapa web dan media.

Related Posts

6 komentar

  1. Setuju sih, ada banyak cara menghasilkan uang dari blog, tapi memang tidak dipungkiri kebanyakan blogger mengharapkan iklan, berlomba-lomba mendaftarkan blog ke google adsense dengan harapan bisa pasang iklan adsense di blog nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adsense seakan menjadi lifestyle tersendiri. Meningkatkan gengsi diantara blog lainnya. Menjadi seakan terpandang. Walaupun dibalik itu saldonya ngenes banget hehehe

      Hapus
    2. Betul gan... :), Menang gengsi heheheh

      Hapus
  2. Wahhh, setuju juga nih, dibalik AdSense padahal belum tentu saldo sesuai pandangan.

    BalasHapus
  3. Wahhh, setuju juga nih, dibalik AdSense padahal belum tentu saldo sesuai pandangan.

    BalasHapus
  4. Belum pede kalau buat conten placemen atau semisalnya

    BalasHapus

Posting Komentar